LIFE IS YEAH

Search This Blog

In Pidato Bahasa Indonesia

Pengaruh Penggunaan IPTEK di Masyarakat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua
Yang terhormat kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro
Serta hadirin sekalian yang berbahagia

            Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan semua nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan besar kita sebagai umat muslim, Nabi Muhammad Saw. Karena beliau lah sebagai pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui pengorbanan dan perjuangan beliau, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan.

Hadirin yang berbahagia,
Saya berdiri disini karena saya akan menyampaikan pidato tentang pengaruh penggunaan IPTEK di kalangan masyarakat. Seperti yang kita ketahui, dampak dari penggunaan IPTEK sangatlah luas. Sebelum saya membahas lebih dalam tentang dampak dari perkembangan IPTEK, Apakah hadirin mengetahui apa itu IPTEK ? IPTEK merupakan bagian dari kebudayaan manusia. Manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan YME. Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Penciptaannya ditujukan untuk memudahkan manusia melakukan aktivitas kehidupannya. Misalnya temuan manusia berupa mobil dan pesawat, ini ditujukan untuk membantu manusia dalam menjalankan aktivitas transportasinya, sehingga jarak yang jauh dapat ditempuh dengan waktu yang singkat. Contoh lainnya adalah penemuan komputer yang dapat membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya. Penemuan-penemuan inilah yang nantinya menjadi pembahasan para antropolog.

Tidak semua IPTEK membawa dampak yang merugikan masyarakat. Kegunaan Iptek yang menguntungkan bagi masyarakat ini akan dipertahankan eksistensinya. Dan mungkin akan dilakukan pengembangan terhadap temuan-temuan tersebut sehingga memiliki nilai guna yang jauh lebih tinggi. Seiring dengan berkembangnya zaman, pada awalnya IPTEK merupakan suatu kebudayaan yang berkembang menjadi alat untuk membantu segala aktivitas manusia. Manusia yang  berkarya menyebabkan manusia selalu ingin berlomba-lomba dalam penciptaan IPTEK sehingga lupa dengan perubahan yang diakibatkan dari Iptek itu sendiri.

IPTEK dapat berdampak secara luas pada masyarakat, khususnya pada anak dan  remaja. Yang pertama saya akan menjelaskan dampak pada anak. Perkembangan teknologi memang tidak bisa dicegah atau pun dihindari. Seperti hal nya agar tidak disebut GAPTEK (Gagap Teknologi). Peralihan zaman sudah sewajar nya mengalami perkembangan, tetapi memberi keleluasaan pada anak akan kemudahan teknologi bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan mereka. Masa kanak-kanak adalah masa pencarian jati diri dan penyesuaian terhadap lingkungan. Aktifitas di luar rumah pun semakin berkurang, kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena mereka lebih suka menyendiri dengan permainan teknologinya. Anak lebih cenderung memilih bermain game online, playstation ataupun sejenisnya. Tentu hal ini sangatlah mengkhawatirkan untuk perkembangan psikis anak tersebut. Banyak para orang tua yang merasa bangga apabila anaknya unggul dalam mengoperasikan teknologi. Ini jelas pemahaman yang salah. Memang dampak buruknya tidak bisa dirasakan sekarang.

Disisi lain, kemajuan IPTEK kian merajarela di kalangan para remaja. Masa remaja ialah masa peralihan untuk menentukan jati diri mereka. Perkembangan pesat beberapa teknologi informasi dan komunikasi seperti internet dan handphone berhasil memengaruhi mereka. Sekarang internet tidak sekedar teknologi untuk berbagi informasi. Namun, juga menawarkan berbagai situs seperti hal nya jejaring sosial yang sekarang ini sangat populer di kalangan remaja. Remaja memiliki sikap ingin tahu dan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Akibatnya, banyak perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan remaja. Masuknya budaya barat sekarang ini telah memengaruhi pola perilaku mereka. Seperti hal nya mereka lebih memilih untuk menjadi makhluk media sosial, bukan sebagai makhluk sosial. Memang mengkhawatirkan sekali. Apalagi sekarang ini, banyak masyarakat yang menggunakan jejaring sosial untuk tindak kejahatan, seperti judi online, penipuan, bahkan sekarang ini yang sudah menyebar luas di kalangan masyarakat adalah pembunuhan. Memang sangat mengerikan.
Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari bahaya dari penyalahgunaan IPTEK ? Orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anaknya. Masa depan generasi penerus bangsa ini bergantung pada orang tua yang cerdas dan bijaksana serta peduli akan masa depan anaknya. Serta pentingnya perhatian dari orang tua untuk lebih bijaksana dalam menentukan batasan-batasan apa yang boleh, apa yang tidak boleh dan diperbolehkan dengan syarat. Jadi, selalu damping anak-anak anda agar terhindar dari dampak negatif dari bahaya penyalahgunaan IPTEK terutama untuk anak usia 5-12 tahun.

Jadi , gunakanlah akal pikiran kita untuk melakukan tindakan positif dan janganlah sekali-kali melakukan tindakan negatif karena tanpa kita sadari, kita sudah menyia-nyiakan kehidupan kita dan tidak bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Semoga di masa mendatang, kita sebagai generasi penerus bangsa dapat terbebas dari penyalahgunaan IPTEK yang selama ini terus mengancam kita dan saya berharap agar kita semua dapat hidup cemerlang kelak.



Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Related Articles

1 comments:

  1. Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
    Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
    withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
    juga profesional.
    Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
    Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
    (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.