LIFE IS YEAH

Search This Blog

In Pidato Bahasa Indonesia

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua
Yang terhormat kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro
Yang saya hormati Bapak / Ibu Guru beserta staf Tata Usaha
Serta teman - teman sekalian yang saya cintai

            Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan semua nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan besar kita sebagai umat muslim, Nabi Muhammad Saw. Karena beliau lah sebagai pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui pengorbanan dan perjuangan beliau, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan.

Hadirin yang berbahagia,
Saya berdiri disini karena saya akan menyampaikan pidato tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada anak remaja jaman sekarang. Di Indonesia ini jumlah pengguna narkoba sangatlah besar. Lemahnya penegakan hukum di Indonesia mengakibatkan para pengedar Internasional dapat dengan mudah bekerja sama dengan warga negara Indonesia untuk menjual obat – obatan tersebut serta memperoleh keuntungan yang cukup besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya tentu membawa dampak yang sangat luas. Kebanyakan korban berasal dari lingkungan yang keras, broken home, kebodohan, dan rasa keingin tahuan yang tinggi atau juga berasal dari korban para mafia narkoba. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba. Data yang begitu memprihatinkan dan membuat cemas akan masa depan nanti, entah bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

Teman - teman, tahukah apa arti sebenarnya dari narkoba itu sendiri ? Narkoba dalam istilah bahasa Indonesia artinya zat narkotika, psikotropika ataupun zat aditif. Zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Shabu - shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Narkotika sendiri memiliki beberapa efek yang dapat memengaruhi fungsi tubuh kita diantaranya Stimulant, Depressant, Hallucinogenics, dan Analgesics. Macam - macam zat psikotropika yaitu opium, morfin, kokain, dan ganja.  Obat ini sudah tersedia di semua kota - kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa - desa terpencil.

Biasanya orang menggunakan obat - obatan terlarang untuk bersenang - senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba terutama di kalangan para siswa sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa dan memberikan obat - obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat - obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencurinya dari anggota keluarga mereka ataupun orang lain. Sebagian besar akibat dari efek penggunaan narkoba mengalami gangguan pada fungsi kinerja otak dan pola perilaku. Namun, efek penggunaan narkotikayang digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang berkepenjangan dapat menyebabkan kematian.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari bahaya dari penyalahgunaan narkoba itu ? Penyalahgunaan narkoba dapat kita cegah mulai dari sekarang dengan melaksanakan program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Disisi lain, Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah dengan cara mengenali cirri - ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal, serta yang tidak kalah penting yaitu melakukan razia secara mendadak.

Jadi , gunakanlah akal pikiran kita untuk melakukan tindakan positif dan janganlah sekali-kali terjerembab melakukan tindakan negatif karena lambat laun tanpa kita sadari, kita mulai menipiskan harapan kehidupan kita dan di situlah kita tidak bisa memanfaatkan kehidupan kita dengan sebaik-baiknya.

Semoga di masa mendatang, kita sebagai generasi penerus bangsa dapat terbebas dari bahaya dari penyalahgunaan narkoba yang selama ini mengancam kita dan saya berharap agar di hari kelak kita semua dapat hidup cemerlang tanpa narkoba. Hidup hanya sekali dan janganlah sekali - sekali untuk menyia-nyiakannya. Katakan tidak pada narkoba. PRESTASI YES, NARKOBA NO.


Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Related Articles

1 comments:

  1. Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
    Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
    withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
    juga profesional.
    Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
    Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
    (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.