LIFE IS YEAH

Search This Blog

In Artikel Ketrampilan

Hai sobat !! Para pembaca blog saya yang selalu setia membaca semua postingan saya, hehehe... Disini saya baru saja menulis kembali postingan terbaru saya. Yakkk jeng jeng jeng .....

Mungkin kalian memiliki beberapa barang bekas yang tidak terpakai, misalnya kardus, sedotan, botol, dll. Kebanyakan pasti barang-barang tersebut langsung saja dibuang oleh pemiliknya karena membuat kotor lingkungan. Yah, kasihan sekali. Padahal barang-barang tersebut masih dapat kita olah lagi agar bisa menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai jual. Penasaran apa yang saya tulis kali ini? Hayoo apa ya??? Coba tebak?? Simsalabimmmmm...... Taraaaaaaaaaa......*alaymaksdeh

Nah, disini saya akan mencoba untuk mendaur ulang botol bekas agar bisa menjadi tempat pensil yang cantik dan menawan di hati, seperti saya pastinya hehehe *bercanda. Jadi, dari pada membuang uang untuk membeli tempat pensil yang baru, kalian bisa menjadikan botol bekas ini sebagai tempat pensil untuk diletakkan di rumah, sekolah, atau kantor. Cara membuat tempat pensil warna warni dengan motif kupu-kupu tentu sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Hanya bermodalkan botol plastik bekas (botol air mineral), anda sudah bisa membuat tempat pensil yang sangat lucu jika diletakan di atas meja belajar ataupun tempat kerja anda. Hanya saja, tempat pensil yang saya buat ini berukuran cukup besar sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana dan harus diletakkan di suatu tempat yang tetap, misalnya meja belajar di rumah, meja kantor, meja guru, dll. Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak tutorial berikut ini ya sobat!

Alat dan Bahan :


ü  Botol air mineral bekas
ü  Gunting
ü  Lem tembak
ü  Gabus bekas
ü  Kain flanel bekas
ü  Lidi
ü  Cutter (jika diperlukan)
ü  Jarum pentul
ü  Pensil
ü  Glitter (merah, pink, oranye, biru)


Cara Membuat :

  1. Sediakan sekitar 8 botol le minerale bekas, 5 buah untuk tempat alat tulisnya, dan 3 buah untuk tempat penghapus atau alat tulis yag lain.
  2. Potong dinding botol bekas untuk tempat alat tulisnya dengan ukuran sekitar 15 cm dari alas, buang bagian atas botol.
  3. Potong bagian alas dari botol plastik menggunakan gunting. Ukuran sekitar 2 cm dari alas bawah. Disini saya memerlukan 3 buah alas botol bekas.
  4. Lalu membuat lapisan pada dinding botol. Buatlah pola persegi panjang dari kain flanel warna merah dan cream, ukuran panjang x lebar yaitu sekitar 20 cm dan 2 cm. Berjumlah sekitar 9 potong warna merah, 9 potong warna cream, dan 5 potong warna putih. (bentuk hiasan yang paling atas sesuai selera), kalau saya membuat hiasan tempat pensilnya yang paling atas dengan bentuk awan. Setelah selesai membuat pola, potong menggunakan gunting. Lalu, tempel potongan tersebut memutar pada dinding botol. Jangan lupa untuk menambah hiasan renda pada potongan flanel warna putih dan menaburkan glitter pada dinding botol bagian bawah sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.
  5. Mulai dari membuat kupu-kupu sebagai motif hiasan dari kain flanel warna merah dan cream, buat pola kupu-kupu dengan menggunakan pensil. Pola ada yang berukuran sedang dan besar yang berjumlah sekitar 5 potong pola sedang dan 5 potong pola besar. Potong pola menggunakan gunting.
  6. Setelah itu, tempel pola sedang diatas pola besar dengan menggunakan lem tembak. Lalu, tempel kupu-kupu pada bagian atas dinding botol.
  7. Setelah semua hiasan tertempel rapi pada bagian dinding botol, tempel kelima botol dengan bentuk melingkar seperti gambar dibawah.
  8. Setelah itu, tempel kembali kelima botol tersebut pada gabus (sebagai alas). Karena bentuk gabus yang tidak beraturan, potong gabus melingkar sesuai ukuran alas kelima botol tersebut.
  9. Setelah semua tertempel dengan rapi, kita akan membuat tiang di bagian tengah botol seperti gambar dibawah ini. Lidi dipotong sekitar 25 cm. Alas botol yang sudah dipotong tadi, ditempel dengan posisi seperti pada gambar dengan dibolongi bagian tengah alas dengan jarum pentul agar bisa ditempel pada lidi tersebut. Lalu balut dinding lidi dengan kain flanel untuk menyangga alas ketiga botol.
  10. Tancapkan lidi tersebut pada gabus, lalu lem bagian alasnya.
  11. Tempat pensil siap untuk digunakan. Yeayyyyyy!!!!!


Deskripsi produk :

Sebenarnya, saya membuat kerajinan tersebut terdapat dua fungsi kegunaannya, yaitu sebagai tempat peralatan alat tulis dan tempat untuk hiasan bunga.
Tempat pensil adalah suatu bentuk benda yang digunakan untuk menyimpan pensil. Sebuah tempat pensil juga dapat berisi alat tulis lain seperti penghapus, pena, tip-x, pensil warna, penggaris, spidol, dll. Tempat pensil adalah salah satu barang yang sangat dibutuhkan bagi manusia, khususnya para pelajar untuk menyimpan alat-alat tulisnya. Itulah alasan mengapa saya memilih untuk membuat kerajinan yang dapat saya gunakan untuk kebutuhan saya dan mungkin untuk kebutuhan orang lain.
Tempat pensil ini dapat digunakan juga untuk keperluan kantor, sekolah, dll. Kerajinan yang saya buat ini memiliki warna yang khas yaitu campuran antara merah, putih dan cream, sehingga membuat kerajinan ini terlihat semakin menyala dan indah untuk dipandang dengan beberapa hiasan yang saya tempel pada bagian dindingnya untuk mempercantik tampilannya. Serta dengan tiang yang berada ditengah memiliki fungsi sebagai tempat untuk menaruh penghapus. Jadi saya buat se kreatif mungkin.
Vas bunga adalah jambangan bunga atau wadah yang diisi dengan rangkaian bunga. Vas dapat dihias dengan berbagai lukisn atau hiasan lainnya sesuai untuk menambah keindahan isinya.

Nilai kegunaan dan keindahan :

Produk ini sangat cocok untuk para pelajar yang ingin memiliki tempat alat tulis yang cukup besar dan dapat diletakkan di meja belajar dengan tidak memakan banyak tempat, serta dapat memperindah meja belajar jadi kita tidak bosan ketika melihatnya.
Dilihat dari sisi keindahan dari kerajinan yang saya buat ini, kerajinan saya dapat pula digunakan sebagai tempat hiasan vas bunga yang biasanya diletakkan di meja ruang tamu.

Nilai jual :

Harga yang saya tawarkan cukup terjangkau, yaitu sekira Rp20.000,- s/d Rp25.000,- . Tergantung tingkat kesulitan dan bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat kerajinan tersebut.

Terimakasih para pembaca tulisan saya yang satu ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. ^_^
SAVE YOUR EARTH!!


Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.